Senin, 07 Maret 2011

Meditasi Nafas

Meditasi nafas adalah meditasi yang meggunakan nafas sebagai obyek meditasinya yang merupakan teknik yang sangat efektif untuk merasakan energi di dalam tubuh.

*
Pertama-tama ambilah sikap meditasi dengan duduk bersila dilantai yang beralas agar nyaman sehingga tidak mengganggu jalannya meditasi. Untuk alas bisa menggunakan selimut, matras, bantal atau benda-benda semacamnya yang penting bisa membuat diri anda nyaman. Postur tubuh pada saat meditasi harus tegak lurus tetapi tetap santai, lalu posisi leher dan kepala harus sejajar dan tegak lurus dengan punggung.
*
Kendurkan seluruh otot tubuh dan mental atau pikiran anda agar menjadi santai.
Bernafaslah dengan wajar tanpa dipaksakan, jadi benar-benar santai seperti dalam bernafas biasa dalam kehidupan sehari-hari. Bila nafas anda pendek bernafaslah secara pendek namun jika pernafasan anda panjang bernafaslah tetap secara panjang (yang terpenting jangan dipaksakan).
*
Lalu perhatikan dan sadarilah keluar masuknya nafas yang sedang anda lakukan. Perhatikan dan rasakanlah saat anda menarik dan mengeluarkan nafas, sadarilah secara terus-menerus. Jika perhatian anda teralihkan pada hal-hal lain, usahakan untuk kembali lagi memperhatikan dan menyadari nafas anda lagi.
*
Sadarilah nafas anda secara terus-menerus saat menarik dan mengeluarkannya sehingga tercipta ketenangan pikiran dengan sendirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


share/bookmark

PTC LOKAL YANG MANTAP

NO INVEST PTC, MIN PO, AND TRUSTED