Senin, 07 Maret 2011

Meditasi Mantra

Meditasi mantra adalah jenis meditasi yang paling banyak digunakan dan kebayakan adalah berlatar belakang agama. Mantra diartikan sebagai suatu kata atau frasa yang dibaca berulang-ulang (dalam agama Islam dikenal dengan sebutan wirid atau dzikir). Karena meditasi ini berlatar belakang agama jadi mantra yang digunakan tergantung dari agama yang dianut oleh orang yang melakukan meditasi. Seperti orang Hindu yang menggunakan kata OM, orang Kristen yang menggunakan kata Haleluya, dan orang Islam menggunakan kata Laa ill ha illallah.
Yang terpenting dalam melakukan meditasi adalah memiliki sikap teratur, rutin dan disiplin. Karena meditasi merupakan kemampuan yang dapat diperoleh melalui kesabaran karena harus dilakukan secara rutin dan terus menerus. Dengan begitu nanti akan terlihat hasilnya, karena hasil dari meditasi baru diperoleh setelah lama melakukan meditasi.
Selain teratur, rutin, dan disiplin dalam melakukan latihan meditasi hendaknya didampingi oleh seorang guru yang sudah paham betul terhadap meditasi yang akan dilakukan. Bimbingan yang intensif dari orang yang berpengalaman sangat penting, sebab para pemula sering mendapatkan hambatan dan kesulitan ketika melakukan meditasi. Hal ini karena banyak sekali orang yang tidak bisa duduk diam dan memusatkan pikirannya pada satu hal saja. Terutama bagi orang yang sudah terbiasa aktif, baik secara pikiran maupun fisik. Maka ketika melakukan meditasi yang harus duduk diam dan konsentrasi pada satu hal saja maka kesulitan melakukannya.
Setelah kesulitan untuk mendiamkan pikiran dan fisik biasanya akan muncul hambatan lainnya. Seperti pusing, munculnya kenangan buruk dimasa lalu, menculnya perasaan tanpa sebab, dan kadang muncul gambaran-gambaran yang belum pernah dilihatnya atau biasa disebut pengelihatan lain (vision). Seperti seseorang yang melakukan meditasi dengan mata tertutp, tetap dapat melihat apa yang terjadi sekelilingnya ataupun mendengarkan suara-suara aneh, bahkan mengalami di luar tubuh (out of body experience).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


share/bookmark

PTC LOKAL YANG MANTAP

NO INVEST PTC, MIN PO, AND TRUSTED